11 September 2006

Nenek tua diangkot M26

Category:Daily Story Renungan


Pagi ini Saya pergi ke kantor sedikit dengan perasaan yang berbeda dari biasanya. Bukan karena hari Senin yang lebih padat dari biasanya atau kemacetan karena pembangunan Bus Way, tapi karena seorang nenek tua yang kebetulan satu angkot dengan Saya di M26.

Si Nenek yang kira-kira berumur 70an itu naik M26 tidak lama setelah Saya naik, di daerah Cawang. Kebetulan keadaan angkot hampir penuh dan yang tersisa hanya bangku ulang tahun (bangku extension yg menghadap ke belakang - red). Untunglah salah satu penumpang yg duduk didalam mengalah memberikan tempat duduknya, yang lumayan aman buat Si Nenek. Dengan susah payah si Nenek, yang sudah agak bongkok itu masuk ke dalam angkot dibantu oleh beberapa penumpang, bersyukur juga si abang sopir cukup sabar menunggu sampe si Nenek duduk dengan tenang.

Sempet terlintas dibenak Saya, kok tega-teganya anggota keluarganya membiarkannya pergi sendirian tanpa ada yang menemani. Bagaimana nanti kalo nyebrang atau turun naik angkot.

Tidak lama setelah duduk si Nenek, berkata dengan logat betawi yang kental: "Terima Kasih, yak. Emang ribet kalo nenek-nenek pergi jalan".

"Mau ambil pensiun Nek?", salah seorang penumpang bertanya.
"Kagak...mau ke rumah sodara di pisangan", jawab si Nenek
"Kok perginya sendirian nek? emang anaknya kemana? nggak nganterin?", tanya penumpang lainnya.
" Lah...anak emak dah pada jauh ngikut suaminya, trus yang bungsu kagak sempet, dari pagi-pagi dah berangkat gawe pulangnya malem. Cucu juga udah pada berangkat sekolah"

Deg....Saya yang dari tadi cuma mendengarkan langsung miris mendengar jawaban si Nenek. Pikiran Saya langsung melayang teringat Mama di kampung. Akankah Mama akan mengatakan demikian bila di usia tuanya nanti pergi sendiri tanpa ditemani oleh siapapun?

Saat ini saja Saya pulang kampung hanya setahun sekali, sementara adik Saya yang cuma 2 orang sudah sibuk dengan kuliahnya. Tak jarang Mama mengeluh kesepian dirumah karena adik-adik pulang kerumah hanya untuk singgah lalu pergi lagi. Bahkan Mama juga sempet sedih jika makanan yang Beliau masak masih utuh karena anak-anaknya sering makan diluar. Istilahnya, dimasak sendiri...dimakan sendiri.....Kalo sudah begitu, Saya cuma bisa menghibur lewat telepon.

Duh, Gusti betapa hamba belum bisa membalas kasih sayang Mama. Bahkan untuk mengisi kesepian dan kesendiriannya saja hamba belum bisa. Semoga Mama mengerti bahwa anaknya disini tidak pernah meninggalkannya sendiri. Mungkin tidak dalam kehadiran secara fisik, tetapi cinta dan untaian do'a selalu menyertai kemanapun Mama pergi.

"Ya...Alloh, sayangilah kedua orangtua ku seperti mereka menyanyangiku waktu kecil. Amin"

Bunda Naila
-Tak sabar menunggu Lebaran, untuk bertemu Mama-

3 comments:

Kurnia said...

Jadi ingat ibu di rumah yg kecewa kalo saya ngga sempet sarapan. Mungkin beliau merasa makanannya ga ada yang makan. Pdhl bukannya ga mau makan makanannya ibu, tapi karena agak buru2 berangkat ke kantor..betapa perasaan ibu harus dijaga..terutama di masa tuanya ya bun?

Widya Puteri said...

hmmffff iya yah bun emang bener kata pepatah kasih ibu sepanjang masa kasih anak sepanjang galah..

alhamdulillah dirumah dibikin koskosan putri jadi rame ada anak-anak SMA yang nemenin. heboh..

Anonymous said...

duh bund, itu pengalamannya sama dg pengalaman saya waktu masih di malang, tiap ada nenek/kakek naik angkot sendirian, yg terpikir pertama kali adl :kemana keluarganya?anak2nya? dll. tapi kini aku justru takut hal itu akan terjadi juga sama abah/umi, scara kini diriku berada ratusan kilometer dari blio..., memang sih masih ada adik2 di rumah, tapi mereka mungkin juga akan pergi satu persatu... :(

 
Design by NATTA | Copyright @ ArisYantie - Bunda Naila Themes | Bunda Naila Corpuration